Arbain Nawawi makna gandul dan Bahasa Indonesia

 

Kitab ini versi cetakan/ rilisan Pondok Pesantren Hidayatuth Thullab, Pethuk, Semen, Kediri, Jatim. Kitab Al Arbaun/Al Arbain An Nawawiyah adalah salah satu kitab kajian hadits riwayah yang sangat populer di Nusantara.

Dari sekian banyak kitab yang mengangkat tema 40 hadits, kitab Al Arbain An Nawawiyah dianggap kitab yang paling baik. Disamping itu, penyusun/mushonif kitab ini adalah seorang ulama' yang kredibel dan kealimannya diakui. Nama lengkapnya adalah Syaikh Muhyiddin Abi Zakaria Yahya bin Syarof An Nawawi.

Istimewanya kitab ini adalah derajat hadits-hadits di dalamnya shahih, dan sebagian besar diambil dari kitab Shahih Bukhari serta Shahih Muslim, -kitab induk hadits,- tanpa menyertakan sanadnya. Hal ini dilakukan penulis untuk mempermudah menghafal bagi siapa saja yang mempelajarinya.

Uniknya lagi, kitab Arba'un An-Nawawiyah ini juga banyak disyarahi oleh para ulama, antara lain: 1). Al Fathul Mubin bisyarhil Arbain karya Syaikh Ibnu Hajar Al Haitami, 2). Syarh al-Arba’în an-Nawawiyah karya Syaikh Ibn Daqîd al-'Aid, 3). Al-Wâfi fî Syarh al-Arba'în an-Nawawiyah karya Dr Mustafa Dieb al-Bughâ dan Dr Muhyiddin Mistu, 4). Al-Anwâr al-Muhammadiyah Syarh al-Arba’în an-Nawawiyah karya Syaikh Hisyam al-Kamil, dan masih banyak lagi.

Kitab Al Arbain An Nawawiyah dalam susunannya berbeda dengan Kitab Riyadlus Shalihin dan Al Adzkar, yang keduanya merupakan kitab yang disusun oleh Imam Nawawi dalam kajian ilmu hadits pula.

Dalam susunannya, Kitab Riyadus Shalihin dan Al Adzkar menggunakan sistematika sesuai tema, sehingga memudahkan bagi para pembaca untuk mencari hadits tema tertentu, yang ingin dibacanya.

Sementara itu, kitab Al Arbain An Nawawiyah, dalam susunannya, tidak menyebutkan judul khusus dalam setiap hadits. Imam Nawawi hanya menyebutkan hadits kesatu, hadits kedua dan seterusnya, sehingga pembaca harus membaca haditsnya terlebih dahulu jika ingin mengetahui isi pembahasannya.

Kitab Al Arbain An Nawawiyah ini terdiri dari 43 hadits. Hadits-haditsnya memuat tentang pilar-pilar ajaran agama Islam, kesempurnaan iman, amar ma’ruf nahi munkar, jihad, zuhud dan sebagainya.

Dalam kurikulum FKDT Kabupaten Tegal kitab ini disampaikan ke santri MDTW kelas 1.


Sumber : Duta Islam

Berikut ini kami sajikan terjemah Arbain dalam Bahasa Indonesia

Posting Komentar untuk "Arbain Nawawi makna gandul dan Bahasa Indonesia"